Senin, 15 Juni 2009

Tehnik menyetel langsam


Menyetel langsam motor Tiger Revo…!



Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?
Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…
Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.
Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.
Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 – 1500RPM
Nih caranya:
Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM
Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer.
Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :
Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil) Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung) Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik Periksa per skep mungkin sudah lemah Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator. Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)
Demikian, silahkan coba prosedur diatas, apabila mengalami kesulitan silahkan layangkan komentar, dan apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan.
Thanks….
By Andry.

7 komentar:

ratuentertainment.blogspot.co.id mengatakan...

Waaah tips yg ok pnya tu dr bro ANDRY...spintas mslh sepele tp penting bgt,and gw yakin ga smua brother ngerti tata cara ngatur langsam yg ok...skedar brbagi pngalaman aja ni bro,trnyata kalo karet SEAL pd lubang pnyetelan angin dan lubang Langsam rusak/sobek bs bkin langsam ga fungsi and knalpot nembak2 jg lho,suaranya kaya letusan gunung pangrango..he..he...(lebay dee..)..naah trnyata lagi nie,..nyari2 SEAL karet itu ke bgkel2 diskitar puncak susah banget..nah klo dah gtu solusi darurat yg aman,murah and gampang dicari bro tinggal cari korek gas bekas/stgh pake...bro ambil de tu karet yg ada didlm korek gas itu...sama kok,bs jd altrnatif pngganti klo bro udah keliling nyari2 ga dpt...djamin langsamnya ok kmbali..

ratuentertainment.blogspot.co.id mengatakan...

Thanx berat to all brother PANTOM yg udah dtg diacara RESEPSI PERNIKAHAN ade gw...speciall thanks to yg udah nympetin ikut PENGAWALAN PNGANTIN..: bro KUBIL (HTML),bro DEDEN,EFONK,MONO,INU,DODI,DUDI,EVAN,ANDI..and tak lp bwt temen2 dr KOSTER (Komunitas SUZUKI thunder) chapter ciawi,bro Sabuy dkk...Thx atas smuanya bro..smoga tali brotherhood kita makin erat..KEEP ROLLING BRADeRRR!!

ratuentertainment.blogspot.co.id mengatakan...

Bwt bro ANDI HOTCC 043 dilanjut bro izinnya kita respon dgn snang hati silahkan Lambang kita dipost diweb.Hotcc...and kita jg mhn maaf krna Blog kita blm smpurna msh dlm pngerjaan oleh bro Temmy ADMIN kita...salam bwt smua macan2 PEMDA dr Macan Puncak...auummhh!!!,keep on brotherhood

bikers mengatakan...

toek bro hariw,saya ucapkan selamat karena anda telah memenangkan kontes modif motor sock terjangkung, pertahankan terus prestasimu bro karena sebentar lagi akan ada yang menyaingi anda pada kontes sock terjangkung berikutnya.....

bikers mengatakan...

pengumuman untuk biker2s pantom sekarang lagi ada pertemuan korwil puncak dan korwil cisarua dikantor bro efhonk untuk anggota pantom yang bisa ikut silahkan merapat di tunggu............

Unknown mengatakan...

toek bro2 pantom..ane saranin soknya pada jangkungin tuh...enak juga buat nakolin angkot2 yang tidak tertib lalin,yang berhenti seenaknya..klo kakinya g nyampe ane saranin bawa jojodog.hi..hi..hi..
buat BRO KOJUM haturnuhun atas komenya...silahkan tanya langsung ke bro momon yang punya bengkel las..dengan sok orsinilan bisa jangkung juga..mangga cobian,,buat mang ajay ges 3X ngajuru tekapok2,,,ogut saranin mendingan di bawa k panti asuhan aja atau berobatnya pake askeskin,kan sparepart sama dokternya gratis..ha..ha..90.000 X..just kidding men..blegig..

Unknown mengatakan...

Sorry bro ogut pulang gawe jam 2,,,pertemuan korwil g bisa ikut...